Senin, 29 September 2014

Menghidupkan Baterai HP Yang Mati

Menghidupkan Baterai HP Yang Mati

Menghidupkan Baterai yang Mati.

Mungkin diantara Anda pernah menemukan atau mengalami batrei tiba2 mati dan tidak mau di charge lagi melalui handphone. Baterai yang mati bisa disebakan beberapa hal diantaranya misal, kita lupa nge charge, kelebihan nge charge atau mungkin batrei tersebut tidak pernah tersentuh atau terpakai  dalam waktu yang lama sehingga baterai menjadi kosong. Nah dalam kondisi seperti ini biasanya baterai tidak bisa dicharge langsung menggunakan travel charger ke hp.


Lalu bagaimana solusinya??????
Berikut Kami akan memberikan beberapa solusi :

1.  Bula Anda Mempunyai desktop (misal desktop jepit) silahkan Anda mencoba untuk mengisi melalui desktop tersebut kira2 10 s/d 15 menit. Pastikan saat Anda melakukan pen gecharge-an ada indkasi pengsisian telah berajalan. setelah itu anda coba cabut baterai lalu lakukan pengisian melalui hp, dan lihat hasilnya, apabila pengisian berjalan yang nampak pada layar hape berarti masalah selesai, atau anda bisa langsung nyalakan hp Anda.

2.  Lalu bagaimana bila langkah 1 tidak berhasil?? atau lampu indikator pengisian pada desktop tidak berkedip mengisi? coba pastikan proses pengisian baterai telah sesuai misal ujung positif dan ujung negatif nya, atau anda bisa membolah balik ujung positif (+) dan negati (-) nya.
Bila belum juga berkedip, coba lakukan pergantian desktop terlebih dulu, misal anda cari desktop yang lebih bagus kwalitasnya (biasanya dari segi harga lebih mahal) kenapa harus pake yg lebih bagus?? apa bedanya....Untuk baterai tertentu yang mili amper nya tinggi sekitar 1000mah keatas memerlukan desktop  dengan  yang lebih bagus untuk mengatrol arus agar bisa masuk.
Bila langkah 2 sudah dilakukan belum juga berhasil. ikuiti langkah 3.

3. Pada Kondisi ini baterai benar2 dalm kondisi mati. Untuk langkah 3 Anda perlu sedikit modal untuk melakukannya yaitu dengan bantuan alat Power Supply.
Caranya. Nyalakan Power Supply. Putar Voltage pada 3,7 s/d 4volt. Pasang kabel merah pada probe (+) dan (-) pada power Supply. Tempelkan ujung (+) / kabel merah pada ujung baterai (+) dan kabel (-)/ kbl hitam pada ujung baterai (-). Lalu lihat apakah pada layar Current (arus) bergerak? bila bergerak biarakan sekitar 1 s/d 2 menit. Nah setelah itu lakukan langkah 1 atau 2 atau anda bica langsung mngeisi baterai melalui hp.

Lalu bagaimana bila pada layar current tidak bergerak? coba Anda naikkan Voltage nya menjadi 5v, lalu lakukan langkjah seperti diatas dengan menempel kabel. bila arus masih tidak bergerak Anda bisa menambah hingga 12v.



Bagaimana bila sampai langkah terakhir tapi baterai masih tidak mau menyala?
Kalo Anda memiliki sedikit waktu dan ketrampilan Anda bisa membongkar baterai tersebut yaitu dengan tujuan mencek apakah jalur dari pad ke ic atau ke ujung cell bagus, bila semua bagus, silahkan anda mengganti cell baterai dengan cell baterai yg kurang lebih seukuran.
Untuk lebih jelasnya nanti akan kami tulis artkel khusus MEMODIFIKASI BATERAI

NB :Biasanya kalau penanganan baterai sudah pada langkah 3, kondisi baterai sudah tidak 100% bagus meskipun sudah menyala kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar